Lancar Baca Melalui Lagu dengan Metoda Cantol Raudhoh

Posted on 2009/11/20. Filed under: Dijual, Tips, VCD/DVD |

“Dalam 20 Jam Putra-Putri Anda dapat Membaca dengan Lancar. Lancar Membaca melalui Lagu, Game, dan Animasi dengan Metode Cantol Roudhoh. Untuk Anak TK dan SD, bahkan bisa digunakan oleh anak usia 3 tahun.”    

Setiap anak senang menyanyi, mendengar cerita dan menonton. Anak akan cepat menghafal setiap lagu yang didengar dan mudah mengingat setiap apa yang ditonton. Media ini sangat efektif sebagai sarana belajar dengan konsep BERMAIN SAMBIL BELAJAR.    

Metode Cantol Roudhoh mulai dikembangkan pada tahun 2000 oleh Ibu Erna Nurhasanah Kusnandar dan Bapak Yudi Kusnandar, S.Si. Selama tiga tahun metode ini diterapkan kepada anak-anak pra sekolah, baik dalam bentuk privat maupun klasikal di kelas. Alhamdulillah selama masa tersebut anak-anak dapat membaca dengan lancar rata-rata 20-30 kali pertemuan atau 20-30 jam.    

 Selama waktu itu metode ini mengalami penyempurnaan dengan dibuatnya alat peraga dan lagu sebagai media untuk mempermudah anak memahami apa yang diberikan. Dan akhirnya untuk membantu anak di rumah, dibuat media lain yang mempermudah dalam bentuk media visual yaitu VCD. Saat ini metode membaca Cantol telah diterapkan di beberapa TK dan RA dalam bentuk klasikal di kelas.   

 Metode Cantol adalah salah satu tekhnik menghapal yang dikembangkan dalam “Quantum Learning“. Dalam penerapannya, metoda ini bersosialisasi dalam persamaan bunyi dan bentuk visual. Sebagai contoh salah satu teknik menghapal dengan metode Cantol adalah ketika di SMA, ada suatu pelajaran dari ilmu kimia tentang menghapal unsur kimia, di antaranya menghapal unsur golongan VII A yang terdiri dari unsur Helium, Neon, Argon, Kripton, Xenon dan Rn. Untuk memudahkan menghapal dibuatlah kalimat, yaitu: hehoh negara argentina karena xenat runtuh. Dengan mudah dapat menghapal nama-nama unsur kimia tiap golongan. Itu adalah salah satu metoda menghapal yang efektif untuk mengingat daftar. Dalam mengajarkan membaca teknik-teknik tersebut sangat diperlukan untuk mempermudah anak dalam mengingat simbol-simbol huruf.   

Metode yang cocok untuk memudahkan anak mengingat kembali simbol-simbol huruf adalah Metode Cantol. Pengenalan membaca yang efektif adalah mengenalkan seluruh bunyi suku kata dasar yang menjadi pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Dan tahap selanjutnya adalah “kata” yang dikenalkan kepada anak. Ada 100 suku kata yang digunakan menjadi pembentuk kata dalam Bahasa Indonesia. 100 kata ini dapat lebih disederhanakan lagi menjadi 20 kelompok yang disebut Paket Satu. 20 kelompok itu adalah:   

     

    

  • Kelompok 1 : ba, bi, bu, be, bo.
  • Kelompok 2 : ca, ci, cu, ce, co.
  • ….. sampai dengan …..
  • Kelompok 20 : za, zi, zu, ze, zo.

Suku kata xa, xi, xu, xe, xo, tidak dimasukan dalam paket ini, karena dalam Bahasa Indonesia jarang sekali ditemukan kata yang berbentuk dari suku kata tersebut. Di samping itu pada tahap sekolah dasar kata-kata yang ditemukan masih sederhana. Marilah kita lihat daftar suku kata pada tiap kelompok:   

     

    

  • ba ca da fa ga ……………………………….. za
  • bi ci di fi gi ……………………………………. zi
  • bu cu du fu gu ……………………………….. zu
  • be ce de fe ge ……………………………….. ze
  • bo co do fo go ………………………………… zo

Dalam pengenalan suku kata, irama bunyi tiap kelompok sama yaitu: a, i, u, e, o. Apabila anak sudah dapat menangkap titian ingatan ini sama dengan kelompok-kelompok suku kata lainnya, maka ia sudah dapat menduga suku kata kelompok lain yang belum dikenalkan kepadanya. Apabila ia sudah dapat mengenal huruf dari a sampai z, maka ia dapat menebak dengan benar bunyi suku kata tersebut. Misalnya ia baru dikenalkan pada kelompok suku kata ga, gi, gu, ge, go. Apabila titian ingatan sudah dipahami, maka ia dapat mengetahui kelompok lainnya dari huruf yang ia kenal. Ia akan mengetahui bunyi kelompok ha, ja, dan selanjutnya. Jadi ia akan cepat sekali mengenal seluruh suku kata. Tetapi bagi anak yang belum mengetahui huruf perlu suatu kerangka pikiran yang dapat membantu untuk mengingatnya dengan mudah. Di sinilah metode Cantol sangat efektif dalam membantu kerangka pikiran anak bagi anak yang belum kenal huruf. Terlebih-lebih anak yang sudah mengenal huruf.   

Bagaimana Metode Cantol ini dapat diterapkan dalam tehnik membaca? Pada metode membaca ini anak diarahkan untuk terlebih dahulu menguasai titian ingatannya. Anak akan mengetahui bunyi kelompoknya, cukup apabila ia mengetahui bunyi awal kelompok suku kata tersebut, yaitu ba, ca, da, dan seterusnya. Untuk membantu anak sebagai sandaran dalam pola berfikir, maka suku awal diberi cantolan berupa nama-nama benda yang bunyi suku awalnya sama dengan bunyi suku awal tiap kelompok. Misalnya kelompok 1 cantolannya “baju”, kelompok 2 “cabe”, kelompok 3 “dadu” dan seterusnya. Nama benda-benda yang diijadikan cantolan diusahakan dikenal anak. Cantolan diterapkan dalam bentuk kartu-kartu yang dijadikan sebagai alat peraga. Misalnya kelompok 1 kartu bergambar baju, kelompok 2 kartu bergambar cabe dan seterusnya. Marilah kita lihat sebuah cantolan kelompok 1 yaitu “baju”. Pada penerapannya, anak dikenalkan mengenai “baju” itu sendiri, anak ditekankan pada bunyi suku kata awal yaitu “ba”. Begitupun untuk cantolan cabe yaitu ca dan cantolan lainya. Apabila anak sudah memahami titian ingatan tiap kelompok, maka dengan sendirinya ia akan mengenal tiap kelompok suku kata melalui cantolan ini. Untuk membantu anak menghapal cantolan dan kelompok suku katanya, maka diberi lagu yang disukai dan mudah diingat oleh anak dan ini memang terbukti sangat efektif. Anak-anak begitu kuat daya ingatnya terhadap metoda cantol ini. Dalam metoda cantol ini anak-anak cukup mengenal dan mengingat ke-21 nama cantolan, maka ia dengan mudah dapat membaca dengan lancar. Ke-21 cantolan tersebut merupakan sesuatu yang dikenal anak, seperti cabe, dadu, gajah. Untuk kelompok qa, ya, dan za nama cantolan diasosiasikan dengan nama orang. Kelompak qa diasosiasikan dengan nama “qanjim” seorang bayi yang sedang menangis, kelompok ya dangan nama laki-laki “yana” yang sedang terkejut, kelompok za dengan anak wanita “zahra” yang sedang tertawa. Ada 4 (empat) media yang tersedia dalam metode Cantol Roudhoh, yaitu:   

VCD Animasi Lagu

VCD Animasi Lagu ini terdiri dari 21 suku kata ba-bi-bu-be-bo sampai dengan za-zi-zu-ze-zo ditambah nga-ngi-ngu-nge-ngo dan nya-nyi-nyu-nye-nyo, kecuali kelompok fa tidak ada lagunya. Isi lagu bertemakan cantolan dengan suku katanya. Misalnya: baju dengan ba-bi-bu-be-bo. Dalam VCD ini ditampilkan gambar cantolan dengan suku katanya. Untuk mempercepat anak hafal cantolan dan kelompok suku katanya, VCD ini dapat didengarkan tiap hari kepada anak.    

    • VCD Penuntun
       
    • Lingkaran Cantol
       
    • Kartu Bacaan
       
    • Kartu bacaan vokal yang bergambar seorang anak wanita yang sedang membaca.
    • Kartu ”ng” bergambar kucing.
    • Kartu bergambar obeng.
    • Kartu bacaan kelompok ”nga”, bergambar 3 anak sedang ngaji.
    • Kartu bacaan kelompok ”nya”, bergambar nyamuk.
    • Kartu bacaan kelompok konsonan, bergambar rumah.
  •  VCD Penuntun di paket LBML terdiri dari dua disk berisi tentang cerita tentang sebuah cantolan, tebak suku kata, dan bacaan suku kata sampai penggabungan suku kata (pada intinya adalah kartu bacaan yang ditampilkan dalam bentuk VCD), dan lagu. CD Penuntun di paket LBMG terdiri dari satu CD berisi game interaktif. CD interaktif ini dirancang agar anak dapat belajar mandiri dalam suasana yang menyenangkan. Dalam CD ini anak langsung dibimbing oleh media ini, anak memainkan tombol-tombol perintah yang ada. Untuk mengoperasikannya, CD ini harus dibuka di komputer atau laptop, dengan menginstal program yang disediakan. Orang tua sebaiknya mendampingi putra-putri ketika belajar menggunakan CD interaktif ini.   

    VCD Penuntun di paket LBMA terdiri dari dua disk berisi animasi film kartun tentang petualangan seorang anak perempuan bernama Zahra di Pulau Baca. Dikisahkan Zahra dapat berubah menjadi Super Zahra berusaha mengambil bonekanya yang telah direbut oleh Bubu si Buaya nakal. Super Zahra mengejar Bubu yang lari ke sebuah pulau bernama Pulau Baca. Di pulau inilah Zahra menemukan petualangan yang mengasyikan dengan bertemu tokoh-tokoh Pulau Baca dan petarungan seru pun terjadi dengan si Bubu. Anak dibawa ikut terlibat aktif dalam cerita kartun ini dan tanpa disadari anak dapat membaca dengan “Nonton Sambil Belajar“.    

        

    Lingkaran Cantol atau menebak kata dengan gambar adalah salah satu media untuk mengevaluasi anak sampai di mana penguasaan anak terhadap kelompok suku kata. Cantolan-cantolan berupa gambar sebagai pegangan anak untuk mengingat bunyi suku kata. Bentuk permainan tebak kata yang dapat dilakukan adalah menyebut urutan suku kata dengan irama berurutan a-i-u-e-o atau menebak satu suku kata. Dalam permainan urutan suku kata, orang tua atau anak secara bergantian menunjuk barisan suku kata yang diinginkan. Anak atau orang tua menyebut suku kata dengan irama a-i-u-e-o yang ditunjuk. Hal tersebut untuk memasukkan titian ingatan. Apabila anak lupa, maka perlihatkan gambar yang ada dalam lingkaran cantol tersebut. Sedangkan dalam permainan tebak suku kata, anak atau orang tua secara bergantian menunjuk satu sukua kata secara acak. Apabila anak lupa, maka orang tua memperlihatkan gambar dan menyebut barisan suku katanya secara berurut.    

        

    Kartu Bacaan terdiri dari 26 buah di mana 21 buah kartu bergambarkan cantolan dan 5 buah kartu sebagai penguasaan akhir anak membaca. Kartu ini berfungsi sebagai evaluasi akhir anak dalam menguasai setiap tahapan yang diberikan. Pemberian kartu bacaan ini bersamaan dengan pengenalan lingkaran cantol. Jadi setiap lingkaran cantol memberikan pengenalan suatu barisan misalnya ba-bi-bu-be-bo kartu suku kata pun diberikan sesuai dengan barisannya. Dalam kartu bacaan terdapat cover depan, halaman dalam dan halaman belakang. Di cover depan terdapat gambar cantolan dan bunyi suku kata awal tiap kelompok. Halaman dalam terdiri dari bacaan suku kata dan penggabungan dua suku kata. Sedangkan halaman belakang, mula-mula dibaca baris ke kanan, kemudian membaca kolom ke bawah. Apabila anak malas untuk membaca kartu suku kata, Anda dapat menggunakan VCD penuntun. Namun usahakan anak dapat membacanya untuk bahan evaluasi. Setelah penguasaan 19 kelompok tersebut, maka tahap selanjutnya adalah:

    …::| TESTIMONIAL |::…
    Anak kami sedang menjalani program pengobatan selama dua tahun untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya yaitu Leukimia (kanker darah). Dokter menyarankan agar selama pengobatan anak kami tidak usah sekolah dahulu dan mengurangi kegiatan fisik. Pada saat itu anak kami duduk di TK A (nol kecil). Kami tidak ingin anak kami ketinggalan dalam hal pendidikan. Beruntung kami menemukan Metode Cantol. Dengan metode ini, anak kami dapat belajar membaca walaupun tanpa didampingi oleh kami ataupun guru privat. Metode membaca dengan media lagu sangat memudahkan anak kami belajar membaca. Alhamdulillah, kini anak kami dapat membaca dengan lancar. Anak kami pun jadi lebih mudah mengikuti pelajaran sekolah. Bahkan kata-kata dalam bahasa Inggris pun bisa dibaca oleh anak kami, walaupun pengucapannya masih perlu diperbaiki karena pengucapan dalam bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia. Terima kasih Cantol Roudhoh. Kami juga sarankan kepada Anda yang memiliki putra/putri untuk belajar membaca dengan Metode Cantol. (Agus Purnomo, Pengelola Website, Jakarta)
    Alhamdulillah, sejak diterapkannya Metode Baca Cantol Roudhoh ke dalam kurikulum, siswa TK-B 100% dapat lancar baca kurang dari 32 pertemuan. (Ibu Rani, Guru RA Al Madinah, Bandung)
    Waktu saya melanjutkan study S3 ke Mesir, saya meninggalkan anak pada usia 4 tahun yang sedang belajar TK, tetapi karena bosan belajar di TK akhirnya anak saya keluar. Ketika dua bulan saya pulang ke Indonesia malah anak saya lancar membaca, dan ketika saya tanya kepada Isteri saya ternyata resepnya hanya membeli VCD Lancar Baca Melalui Lagu dengan Metode Cantol Roudhoh. (Nandang Burhanuddin, Lc, M.Si., kandidat Doktor Timur Tengah)
    Liputan6.com: Aktual Tajam Terpercaya
    07/04/2008 12:47 Pendidikan
    “Cantol Roudhoh” Rangsang Kemampuan Anak Membaca

    Liputan6.com, Jakarta: Para orang tua tidak usah lagi khawatir anaknya susah untuk belajar membaca. Sebab telah ditemukan sebuah metode untuk menarik minat baca pada anak yakni “Cantol Roudhoh”. Metode ini mengajarkan membaca sederhana dengan menggunakan gambar berwarna.Belajar dengan metode “Cantol Roudhoh” membuat anak-anak usia tiga hingga delapan tahun menjadi betah berlama-lama belajar membaca. Sebab tak ada paksaan ataupun hukuman. Justru permainan yang mendorong mereka untuk belajar.Metode ini bisa diterapkan di rumah. Sebab yang diperlukan hanya gambar-gambar yang menarik perhatian anak-anak. Dan yang paling penting menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan bagi para bocah…..   Lihat selengkapnya di sini   

       


       

    Harga VCD Cantol adalah sbb:    

     

        

       

        

    • Lancar Baca Melalui Lagu (LBML) Rp 75.000
      VCD Lancar Baca melalui Lagu (LBML) berisi:
      – Satu VCD animasi yang berisi 21 lagu,
      – 2 VCD interaktif metoda Cantol,
      – Lingkaran bermain (Permainan tebak kata dengan metoda cantol),
      – Kartu Baca sebanyak 26 buah, dan
      – Buku Penuntun Penggunaan.

    • Lancar Baca Melalui Lagu dengan Game (LBMG)  Rp 70.000
      VCD Lancar Baca melalui Lagu dengan Game (LBMG) berisi:
      – Satu VCD animasi yang berisi 21 lagu,
      – Satu CD interaktif  metoda Cantol
      – Lingkaran bermain (Permainan tebak kata dengan metoda cantol),
      – Kartu Baca sebanyak 26 buah, dan
      – Buku Penuntun Penggunaan.

    • Lancar Baca Melalui Lagu dengan Animasi Kartun (LBMA) Rp 95.000
      VCD Lancar Baca melalui Lagu dengan Film Animasi (LBMA) berisi:
      – Satu VCD animasi yang berisi 21 lagu,
      – 2 VCD animasi petualangan Zahra,
      – Lingkaran bermain (Permainan tebak kata dengan metoda cantol),
      – Kartu Baca sebanyak 26 buah, dan
      – Buku Penuntun Penggunaan.

    Jika Anda menginginkan ketiga produk metode Cantol Roudhoh di atas dalam satu paket, dapat Anda peroleh dengan harga: Rp 240.000,- Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.Silakan melakukan pemesanan via SMS ketik : 

     Kode_produk#Nama#Alamat Lengkap dengan Kota dan Kode Pos#Email# kirim ke 0812-9617641 (Amelia) (SMS only) Contoh: LBML#Indah#Jl.Merdeka no. 45, Jakarta Pusat 11000#indah@email.com *Kode produk: 

       

        

    • LBML : Lancar Baca Melalui Lagu
    • LBMG : Lancar Baca Melalui Lagu dengan Game
    • LBMA : Lancar Baca Melalui Lagu dengan Animasi Kartun
    • ALL : Jika pesan ketiganya, yaitu: LBML, LBMG, dan LBMA.

       

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

14 Tanggapan to “Lancar Baca Melalui Lagu dengan Metoda Cantol Raudhoh”

RSS Feed for Blog Informasi Menarik Comments RSS Feed

Saya tertraik untuk membeli salah satu dimana cara belinya?

Cara belinya, silakan melakukan pemesanan via SMS ketik :
Kode_produk#Nama#Alamat Lengkap dengan Kota dan Kode Pos#Email# kirim ke 0812-9617641 (Amelia) (SMS only)

Contoh: LBML#Indah#Jl.Merdeka no. 45, Jakarta Pusat 11000#indah@email.com

Bagaimana saya bisa mendapatkannya & berapa harganya ? terima kasih.

Cara belinya, silakan melakukan pemesanan via SMS ketik :
Kode_produk#Nama#Alamat Lengkap dengan Kota dan Kode Pos#Email# kirim ke 0812-9617641 (Amelia) (SMS only)

Contoh: LBML#Indah#Jl.Merdeka no. 45, Jakarta Pusat 11000#indah@email.com

Harga :
– Lancar Baca Melalui Lagu (LBML) Rp 75.000
– Lancar Baca Melalui Lagu dengan Game (LBMG) Rp 70.000
– Lancar Baca Melalui Lagu dengan Animasi Kartun (LBMA) Rp 95.000

Waktu anak saya belum masuk TK , saya membelikan CD LBML karena anak saya suka sekali nonton CD lagu maupun film bahkan sampai hafal setiap step dr isi cd yang dia lihat.Saya tdk terlalu berharap banyak dia langsung bisa baca karena anaknya terlihat jarang konsentrasi dan tidak bisa diam. Saya seperti tidak percaya ketika pergi keluar kota anak saya selalu memcoba membaca apa yang dia lihat di jalan.terima kasih cantol raudhoh.

Assalammualaikum…
mau tanya harga vcd LBMG sekarang berapa ya?
terimakasih.

Harga LBMG masih tetap Rp 70.000
tks.

Bu saya mau tanya seandainya saya mau mengajar metode cantol raudhoh ini, apakah harus mengikuti kursusnya?atau cukup belajar sendiri melalui paket ini?

kalau saya mo buka les menggunakan metode raudhoh tanpa beli unit boleh? n minta donk alamat cabang batam

saya ingin buka unit raudhoh di batam, gimana n dimana cabangnya

saya ingin menerapkan metode ini pada TK yang saya bina.Apakah cukup dengan membei CD tersebut, atau ada training yang diperlukan

Mau tanya, apakah kalau kita sudah membeli paket buku ini, kita bisa mengaplikasikan teori ini di sekolah kami, tanpa harus ada ijin khusus dari pemilik lisensi buku ini?

sy mau pesan all


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: