I LOVE MY AL-QURAN (ILMA)

Posted on 2009/08/06. Filed under: Buku |

 

Bagaimana Cara Mengajak Anak Muslim Mencintai dan Mempelajari Al Qur`an dengan Cara Asyik dan Menyenangkan?

 

 

 

KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN ALQURAN

Pembelajaran Al-quran sebaiknya diberikan semenjak dini. Rasulullah SAW selalu berpesan satu hal kepada rombongan-rombongan Badui yang datang dan memeluk agama Islam, serta kepada para sahabat. Muliakan kitab suci Al-Quran, demikian petunjuk Nabi. Dan ada tiga unsur utama yang perlu diperhatikan dalam rangka memuliakan kitabullah ini. Yakni, membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran, dan itu semua sudah dicontohkan Nabi SAW.

Tiada malam yang terlewatkan Rasulullah untuk membaca Al-Quran, beliau juga sangat senang menyelami makna-maknanya yang terberkati. Di kehidupan sehari-hari, seluruh ucapan maupun aktivitas Nabi senantiasa sesuai tuntunan Al-Quran. Kepada para sahabat, Rasulullah menganjurkan agar senantiasa mempelajari, mengkaji serta mengamalkan Al-Quran. “Pelajarilah oleh kalian Al-Quran, dan kajilah dia, karena Al-Quran bagi yang mempelajarinya bagaikan wadah yang berisi penuh kesturi, harum semerbak memenuhi tempat sekelilingnya,” demikian sabda Nabi SAW. Implementasi seruan itu dilaksanakan dalam Majelis Rasulullah, yang kemudian menjadi pusat menyebarluaskan ilmu dan ajaran agama.

LATAR BELAKANG

Penerbitan I Love My Al-Quran (ILMA) ini dilatarbelakangi oleh riset kecil, mendengar kebutuhan masyarakat serta mengamati kondisi masyarakat kini. Tidak bisa dipungkiri bahwa generasi muda kita diserang sejumlah media yang SANGAT MENARIK seperti film (VCD, DVD), game komputer, playstation, komik, dan sebagainya. Itu artinya, anak-anak kita semakin tidak tertarik untuk memberi perhatian pada Al-Quran jika kita tidak melakukan sesuatu agar mereka tertarik mempelajari kitab sucinya.

Untuk meng-counter serangan media-media tersebut, kita tidak mungkin tetap menggunakan “bahasa lama” dalam menyajikan ajaran Al-Quran kepada anak-anak. Tidaklah tepat kiranya jika kita ingin membuat anak-anak mencintai Al-Quran, tapi bahasa yang kita gunakan bukanlah bahasa mereka. Al-Quran memerintahkan kita untuk menyampaikan pesan-pesan Allah kepada audiens “MENGGUNAKAN BAHASA KAUMNYA” atau “sesuai dengan tingkat pemikiran mereka” (biqadri ‘uqulihim).

Gambar, warna, adalah bahasa anak-anak yang universal. Gambar di sini adalah “BAHASA” yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan Al-Quran sesuai dunia anak. Dengan pertimbangan itulah kami memutuskan ILMA ini dilengkapi / dihiasi dengan bahasa visual sebagai salah satu media yang akrab dan menarik bagi anak-anak.

JENIS GAMBAR

Jenis ilustrasi yang digunakan pada ILMA ini adalah jenis gambar vinyet, yaitu jenis ilustrasi yang berusaha mendenaturalisasi objek yang digambar. Menurut Isma’il Raji Al-Faruqi, dalam bukunya Atlas Budaya Islam, salah satu ciri seni Islam adalah karakter denaturalisasi. Denaturalisasi pada seni visual Islam dilatarbelakangi oleh tradisi Islam yang menghindari penggambaran makhluk hidup secara utuh (persis seperti realitas aslinya). Hal ini berhubungan dengan pesan Nabi tentang penggambaran makhluk hidup, yang konsekuensinya seorang yang menggambar dimintai untuk memberikan nyawa di hari akhir nanti.
KONSULTASI DENGAN ULAMA

ILMA adalah sebuah inovasi yang kami rumuskan dengan penuh rasa tanggung jawab dan kehati-hatian. Ini merupakan bentuk tanggung jawab agar umat Islam dapat melahirkan generasi Islam yang mencintai Al-Quran. Dalam prosesnya, kami pun sangat berhati-hati dengan berkonsultasi kepada sejumlah ulama. Lebih dari 20 ulama dari berbagai latar belakang telah kami datangi untuk mendapat arahan dan nasihat di antaranya adalah: KH. A. Mustofa Bisri, KH. A. Hasyim Muzadi, Prof. Dr. A. Syafii Maarif, Prof. Dr. Dien Syamsudin, KH. Shiddiq Amien, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, KH. Didin Hafidudin, Habib Rizieq Syihab, dll.

Dalam proses produksi pun kami menerapkan supervisi yang ketat dan berlapis untuk menghindari kesalahan. Khath Al-Quran telah melalui proses 15 kali pemeriksaan sampai dipastikan tidak ditemukan lagi kesalahan, lalu akhirnya kami serahkan ke lajnah pentashih Al-Quran Departemen Agama. Teks penjelasan kandungan ayat diperiksa melalui tahapan yang berlapis pula. Selain diedit dan diproof oleh redaksi, kami pun meminta pembaca ahli untuk membaca secara detail dan memberi masukan serta arahan.

Dengan latar belakang, konsep, dan proses yang telah ditempuh seperti dijelaskan, semoga ILMA ini menjadi sumbangan berharga bagi umat Islam, khususnya bagi anak muslim agar mereka semakin mencintai dan mau mempelajari Al-Quran. Amin.

Manfaat I LOVE MY AL-QURAN dalam mendorong anak untuk mencintai Al-Quran dengan cara yang menyenangkan:

1. Membaca Al-Quran dengan tampilan yang menarik ditambah ilustrasi dekoratif yang penuh warna. Sehingga kegiatan membaca Al-Quran menjadi lebih asyik.

2. Belajar membaca Al-Quran secara baik (tartil) dengan belajar tajwid langsung melalui latihan, bukan teori. Hukum tajwid itu diperkenalkan secara bertahap dengan sistem warna yang diterapkan langsung pada mushaf Al-Quran, pada beberapa halaman di jilid pertama.

3. Memahami kandungan ayat Al-Quran yang disajikan di samping setiap halaman terjemah ayat. Hikmah ayat ditulis dengan bahasa yang mudah dan komunikatif. Hikmah ayat ini akan membantu anak untuk mengenal kandungan Al-Quran secara bertahap.

4. Mengenal kosakata Al-Quran secara bertahap yang disajikan pada setiap halaman. Anak-anak diharapkan akan semakin akrab dengan kosakata Al-Quran. Semua itu disajikan pada setiap halaman di 15 jilid buku utama, dan secara khusus pada satu jilid kamus. Pada kamus, anak-anak akan diperkenalkan pada ratusan kosakata Al-Quran yang sudah dikelompokkan. Membaca Kamus ini mengasyikkan karena dihiasi ilustrasi dengan gaya beragam, yang akan menambah pengalaman visual anak.

5. Memperluas wawasan dengan membaca Informasi tambahan yang berkaitan dengan ayat yang dibaca. Informasi itu bisa berupa peta, peristiwa sejarah, atau pengetahuan ilmiah. Semua itu bisa ditemukan pada box “kamu perlu tahu”.

6. Mengetahui hubungan satu ayat dengan ayat yang lainnya atau satu ayat dengan sumber lain. Rujuk silang seperti itu bisa didapatkan di box “lihat juga”

7. Khusus untuk orangtua disediakan box “untuk ayah dan ibu”. Berisi informasi tambahan yang perlu diketauhi ayah dan ibu dalam mendampingi putra putrinya ketika membaca buku ini.

8. Menghafal secara cepat dan menyenangkan kandungan ayat 16 surat pendek melalui CD lagu-lagu yang dilengkapi buku lagu. Lagu-lahgu ini disajikan dengan aransemen unik musik-musik dunia dan etnik. Insyaallah akan menambah wawasan musik anak-anak.

9. Mengenal dan menghafal 114 nama surah beserta data seputar surat itu. Meliputi nama surah, arti nama surat, jumlah ayat, serta makkiyah-madaniah-nya. Semua itu dilakukan melalui permainan ular tangga yang mengasyikkan.

I Love My Al-Quran (ILMA) membantu anak dan keluarga muslim untuk mempelajari Al-Quran dengan cara yang menyenangkan. Pembaca akan diperkenalkan kepada kandungan makna ayat al-Quran,mengenal kosakata al-Quran, dan aspek aspek lain dari Al-Quran.

Mempelajari Al-Quran jadi lebih menyenangkan!

Anak-anak dapat mengetahui korelasi satu ayat dengan ayat lainnya atau satu ayat dengan sumber lain. Rujuk silang seperti itu bisa didapatkan di box LIHAT JUGA.

Khusus untuk orangtua disediakan box UNTUK AYAH-IBU. Berisi informasi tambahan yang perlu diketahui oleh ayah dan ibu dalam mendampingi putra-putrinya ketika membaca buku I Love My Al-Quran. I Love My Al-Quran memudahkan anak-anak menghafal kandungan ayat, 16 surat pendek secara cepat dan menyenangkan melalui CD lagu-lagu yang dilengkapi buku lagu.

Anak-anak dapat mengenal dan menghafal 114 nama surat beserta data seputar surat itu. Meliputi nama surat, arti nama surat, jumlah ayat, serta makkiyyah-madaniyyah-nya. Semua itu dilakukan melalui permainan ular tangga yang mengasyikkan.

Dipenuhi ilustrasi dekoratif yang beraneka warna.  Kegiatan membaca Al-Quran pun menjadi lebih asyik.

Melalui buku ini, anak-anak diajak belajar hukum tajwid agar dapat membaca Al-Quran secara baik (tartil).

Hukum tajwid diperkenalkan secara bertahap dengan sistem warna yang diterapkan langsung di mushaf Al-Quran, di beberapa halaman jilid pertama.

Dengan membaca  buku I Love My Al-Quran, anak-anak dapat memahami kandungan ayat Al-Quran yang disajikan di samping setiap halaman mushaf, yaitu hikmah ayat Al-Quran. Hikmah ayat ditulis dengan bahasa sangat komunikatif yang akan membantu anak untuk mengenal kandungan Al-Quran secara bertahap.

Di setiap halaman I Love My Al-Quran, anak-anak diperkenalkan dengan kosakata Al-Quran secara bertahap. Anak-anak diharapkan akan semakin akrab dengan kata-kata yang ada di dalam Al-Quran.

Anak-anak dapat memperluas wawasan dengan membaca informasi tambahan yang berkaitan dengan ayat yang dibaca. Informasi itu bisa berupa peta, peristiwa sejarah atau pengetahuan ilmiah. Semua itu bisa ditemukan di box KAMU PERLU TAHU.

Dalam kenyataannya, I Love My Al-Quran tidak hanya berguna untuk anak-anak, tetapi juga untuk kita sebagai orang dewasa yang ingin memahami Al Quran dengan lebih mudah.

KETERANGAN GAMBAR :

  1. KANDUNGAN AYAT membantu kita untuk memahami ayat yang sedang dibaca.
  2. PETA menjelaskan tempat terjadinya suatu peristiwa yang diceritakan dalam Al-Quran.
  3. TANDA AYAT SAJDAH: Setelah membaca ayat yang bertanda ini, disunnahkan sujud (sujud tilawah). DOA sujud tilawah: “Sajada wajhî lilladzî khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi.” (Aku sujudkan wajahku kepada (Allah) yang menciptakan, membentuk, dan memberi pendengaran serta penglihatan,  dengan segala kekuasaan dan kekuatan-Nya.)
  4. TANDA HIZB: Al-Quran terdiri dari 60 hizb. Hizb memudahkan kita ketika menghafal ayat-ayat Al-Quran. Hizb artinya kelompok.
  5. KHAT AL-QURAN ditulis dengan jenis khat naskhi. Kita pun jadi mudah membacanya.
  6. Kotak LIHAT JUGA! adalah indeks terusan atau rujuk silang. Media ini membantu pembaca untuk mencari hubungan ayat yang sedang dijelaskan, dengan ayat lain atau sumber lain
  7. KOSAKATA ini memperkenalkan kita pada kosakata Al-Quran secara bertahap. Kosakata yang dipilih di antaranya kata yang menjadi kata kunci pada pembahasan ayat di halaman bersangkutan.
  8. NAMA SURAH
  9. NOMOR SURAH dan NOMOR JUZ  
  10. NOMOR HALAMAN 
  11. IKON yang menggambarkan arti nama surah. 
  12. RAMBU BACA menjelaskan beberapa hukum tajwid yang disampaikan secara bertahap. Hukum tajwid pada kotak ini berhubungan langsung dengan halaman bersangkutan. Warna khusus pada khat mengandung hukum tajwid yang sedang dijelaskan. 
  13. ILUSTRASI digambar dengan gaya dekoratif, mengadaptasi semangat seni Islam klasik digabungkan dengan ilustrasi gaya modern yang berkembang pada dunia ilustrasi literatur anak.  O iya, ilustrasi ini membantu menjelaskan kandungan ayat yang sedang dibahas, loh! 
  14. Sejumlah informasi penting namun sulit dicerna oleh kita, dituangkan di kotak UNTUK AYAH-IBU.  Dengan demikian, diharapkan ayah dan ibu bisa menjelaskannya kepada kita. 
  15. KAMU PERLU TAHU merupakan informasi tambahan yang bisa memperkaya wawasan,  berhubungan dengan ayat yang sedang dibahas.

Paket buku terdiri dari :

  1. Mushaf Al Quran plus terjemahan & hikmat ayat
    – 15 jilid,@44 hlm.
    – Jenis kertas isi AP 180 gr
    – Hard Cover
  2. Kamus: kata-kata unik di al Quran
    – 1 jilid, 88 hlm.
    – Jenis kertas isi: MP 150 gr
    – Hard Cover
  3. CD audio
    – 16 lagu terjemahan surat-surat pendek
    – 4. Buku teks lagu berisi terjemahan surat-surat pendek
    – 1 jilid, 24 hlm.
    – jenis kertas isi: MP 150 gr
    – Soft Cover
  4. Papan permainan
    – Ukuran: 55 cm x 42 cm
    – Jenis kertas: Magnetic Board

Berikut komentar Ulama dan Tokoh Masyarakat tentang paket buku I Love My Al-Quran :

 Buku I Love My Al-Quran merupakan satu dari sedikit sajian yang akan mendorong para pembacanya bergerak bersama menyambut kelahiran generasi “The Living Quran” baru.  Buku ini tentu baru merupakan kunci pembuka sikap untuk memasuki dunia yang lebih mencintai Al-Quran.
~ K.H. Dr. Miftah Faridl ~ (Ulama)

Menariknya, buku ini ditujukan kepada generasi paling awal, anak-anak kita, dengan metode yang dianggap sesuai dengan tingkat pemikiran mereka. Dengan buku ini, orangtua yang peduli akan dapat melakukan bimbingan kepada putra-putri mereka. Siapa tahu orangtua pun sekaligus mendapatkan bimbingan dari buku ini.
~ K.H. A. Mustofa Bisri ~ (Tokoh Ulama NU)

Saya menyambut baik penerbitan I Love My Al-Quran (ILMA) ini. Semoga ILMA akan menumbuhkan kecintaan anak-anak kita pada Al-Quran. Dengan kecintaan itu diharapkan mereka mau membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.
~ Dr. KH. Didin Hafidhuddin ~

Hal lain yang patut diapresiasi adalah kreativitasnya menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Quran dengan pendekatan komikal, baik dari segi gaya dialog maupun ilustrasi gambar yang menarik perhatian dan mudah diingat, sehingga terkesan tidak menggurui.
~ Prof. Dr. A. Syafii Maarif ~  (Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah)

Harga
– Wilayah Pulau Jawa : Rp 2.990.000
– Wilyaha Luar Jawa : Rp 3.180.000

Pembayaran secara cash, mendapat diskon 10%.
– Wilayah Pulau Jawa : Rp 2.691.000
– Wilayah Luar Jawa : Rp 2.862.000

Tersedia skema cicilan sd 2, 3, 4, 5, 7, 9  dan 13 kali :
Skema cicilan 13x Wilayah Pulau Jawa:
– Investasi awal : Rp 748.000
– Cicilan 12x : Rp 232.000 / bulan

Presentasi / demo produk ILMA via SMS ketik:
Demo-ILMA#Nama#Alamat#e-mail# kirim ke 021-92319175 (Rumadi)

Pesan cepat ILMA via SMS, ketik:
ILMA#Nama#Alamat# kirim ke 021-92319175 (Rumadi)

Pesan via e-mail :

To: rumadi@gmail.com
Subject : Pesan ILMA (I Love My Al-Quran)
Nama :
Alamat pengiriman :
Nomor HP GSM :
Nomor HP CDMA :
E-mail :
Akan mengisi form pemesanan tanggal :
Tempat mengiri form pemesanan :
   (alamat rumah atau kantor anda)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “I LOVE MY AL-QURAN (ILMA)”

RSS Feed for Blog Informasi Menarik Comments RSS Feed

buku yang sangat menarik

Terima kasih … semoga bermanfaat🙂


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: