Mengajarkan Puasa pada Anak

Posted on 2009/08/06. Filed under: Tips, VCD/DVD |

Meski terbilang masih sangat muda, tapi mengajarkan anak untuk berpuasa, tidak ada salahnya. Malah, puasa bisa meningkatkan hormon pertumbuhan anak dan mencerdaskan emosi anak. Namun harus ada pemahaman-pemahaman yang harus diberikan oleh orang tua. “Mengajarkan anak puasa bisa dimulai sejak dini, ketika anak sudah bisa berinteraksi dengan lingkungan. Usia 2 tahun adalah usia yang tepat untuk mengenalkan suasana di bulan Ramadhan.

Karena mereka belum mengerti arti puasa kita dapat memperkenalkan puasa dengan cara mengenalkan suasana dahulu, seperti sahur, sholat tarawih dan buka puasa,” jelas Pakar psikolog, Fitri F. Sahrul. Selain itu, menurut Dr. Eva J. Soelaeman, SpA, sejak usia 4 tahun anak boleh diajarkan puasa, tapi latihan puasa ini sebaiknya hanya sebentar saja.

Namanya juga latihan 3-4 jam saja sudah cukup, minggu berikut setengah hari dan minggu terakhir sehari penuh. “Puasa buat balita tidak berbahaya kok, asal kebutuhan kesehariannya tetap terpenuhi. Puasakan cuma mengubah waktu makan, yang tadinya makan di siang hari, jadi malam, dan sarapan biasanya pagi, jadi sahur.

“Jadi total kebutuhan tetap terpenuhi,” terang Speasialis Anak RSAB Harapan Kita ini.Ia mengungkapkan, secara medis, puasa dapat meningkatkan hormon pertumbuhan anak. Tapi dengan catatan kalau puasanya cuma beberapa jam saja.

Kalau terlalu lama, sehari penuh selama sebulan penuh, justru mengganggu pertumbuhannya. Sebab cadangan lemak anak belum banyak. Bila ingin mengajarkan anak puasa, penting diperhatikan sehat atau tidaknya si kecil. Supaya kondisi tubuh prima, sebaiknya di malam hari anak tidur lebih awal, dan jangan sampai anak puasa tanpa sahur.

Puasa juga memiliki efek positif bagi anak. Melalui orang tua, anak bisa dijelaskan makna puasa dan asyiknya menahan lapar. Gunanya untuk mengajarkan kontrol atau mengendalikan diri. Apalagi tempramen anak adakalanya sulit ‘dikendalikan’ bukan? Lewat puasa, anak dilatih untuk mampu menahan emosinya.

Bulan puasa adalah juga bulan untuk banyak berbagi (beramal). Orang tua bisa memberi contoh dan menjelaskan realitas lain di luar lingkungan anak, bahwa ada orang yang kekurangan, harus dibantu, dsb.
Sumber: www.keluargasehat.com

———————————————

Dapat dipesan VCD edukatif untuk membantu mengajarkan puasa pada anak Anda.
Berikut informasi lebih lanjut:

Judul VCD: Puasa Yuukk!!

puasa-yuk

Sinopsis:

“Apa sih yang teman-teman ketahui tentang puasa? Yup! benar sekali, puasa itu adalah menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Dan puasa yang paling utama adalah puasa di bulan Ramadhan, bulan yang paling mulia dan mempunyai banyak keistimewaan.  

Wah, bagaimana ya cerita Syamil dan kawan-kawan melalui Ramadhan kali ini? Apa saja sih keistimewaan bulan Ramadhan itu? Cara berpuasa yang benar itu bagaimana ya? Terus, malam Lailatul Qadar itu apa?  Nah teman-teman, saksikan film ini, Insya Allah pengetahuan kita tentang Islam terutama tentang puasa, semakin bertambah.”

Harga: Rp. 25.000
Produksi: NCR Production 

 

 

Pesan VCD ini via e-mail:

To: rumadi@gmail.com
Subject: Pesan VCD
Judul: Puasa Yuukk!!
Nama pemesan:
Alamat pengiriman (lengkap dengan kode pos):
Nomor HP pemesan:
Jumlah pesanan:

atau pesan via SMS, ketik:

PuasaYuk#Nama#Alamat Pengiriman#E-mail# kirim ke 021-92319175 (Rumadi)

———————————————

Manurut Emmy Soekresno S. Pd, konsultan pendidikan dan pemilik sekolah Jerapah Kecil, Depok, Jawa Barat, cara terbaik mengajarkan dan memotivasi anak berpuasa memang jangan memerintah, tapi harus menginspirasi. Ada tiga hal penting dalam mengajarkan puasa pada anak, yaitu :

  1. Memberikan informasi yang benar
  2. Memberikan target sesuai usia
  3. Memberikan reward yang sesuai

Informasi detil tentang ketiga hal tersebut dapat dibaca pada artikel berikut:
http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/04/13274741/wah.si.kecil.rajin.puasa.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Mengajarkan Puasa pada Anak”

RSS Feed for Blog Informasi Menarik Comments RSS Feed


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: